Laman

Sistem Kardiovaskuler



Sistem Kardiovaskuler



Seandainya Anda menjadi seorang salesman mesin pompa untuk menyirami tanaman yang sangat luas dan mesin itu sangat kuat daya semprotnya, yakin sekali Anda akan sulit untuk mendapatkan prospek pelanggan.

Tetapi kali ini, mesin yang akan kita tawarkan lain daripada yang lain, mesin ajaib yang berdaya pakai sampai tujuh puluh tahun lebih mampu memompa cairan tanpa berhenti sejumlah dua setengah miliar kali dan menyirkulasikan cairan sebanyak antara 200 sampai 400 liter per hari agar pabrik Anda bekerja dengan baik, tentunya Anda ingin tahu mesin model apakah itu.


Mesin itu tak lain dan tak bukan adalah jantung kita.

Setiap orang memiliki jantung yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Tekanan yang dihasilkan dari pompaan jantung disebut sebagai tekanan darah.

Seperti halnya mesin pada umumnya jantung juga dapat mengalami kerusakan.

Pada kasus tekanan darah tinggi atau hipertensi, jantung dipaksa untuk bekerja keras, harus memompa darah dengan tenaga yang lebih besar sehingga dapat mengakibatkan kerusakan jantung. Antara lain otot jantung membesar.

Penderita tekanan darah tinggi di Indonesia jumlahnya jutaan dan setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Sayangnya sampai sekarang penyebab sebagian besar kasus hipertensi tidak diketahui.

Jantung merupakan sentral dari sistem kardiovaskuler sistem peredaran darah, tubuh manusia. Sistem peredaran darah boleh dikatakan sistem yang paling vital di dalam tubuh manusia karena berfungsi mengalirkan darah keseluruh tubuh.